Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan


 

PADA LIMBAH DI KABUPATEN REMBANG

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.   Latar Belakang

Sanitasi merupakan salah satu komponen dari kesehatan lingkungan, yaitu perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup bersih untuk mencegah manusia bersentuh langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya, dengan harapan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Salah satu kebutuhan penting akan kesehatan lingkungan adalah masalah air bersih, persampahan dan sanitasi, yaitu kebutuhan akan air bersih, pengelolaan sampah yang setiap hari diproduksi oleh masyarakat serta pembuangan air limbah yang langsung dialirkan pada saluran/sungai. Hal tersebut menyebabkan pandangkalan saluran/sungai, tersumbatnya saluran/sungai karena sampah

  1. B.   Rumusan Masalah
    1. Jelaskan mengapa terjadinya permasalahan sanitasi lingkungan di Kabupaten Rembang?
    2. Jelaskan dampak terjadinya permasalahan yang ada di Kabupaten Rembang?
    3. C.   Tinjauan Pustaka

-       Azwar, 1995

Sanitasi adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehan manusia. Sedangkan saritasi dasar adalah sanitasi minimum yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan sehat yang memenuhi syarat kesehatan yang menitikberatkan pada pengawasan berbagai factor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia.

Upaya sanitasi dasar meliputi penyediaan air bersih, pembuangan kotoran manusia (jamban), pengelolaan sampah (tempat sampah) dan pembuangan air limbah (SPAL).

-       Wikipedia

Sanitasi merupakan salah satu komponen dari kesehatan lingkungan, yaitu perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup bersih untuk mencegah manusia bersentuh langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya, dengan harapan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.   Permasalahan sanitasi lingkungan di Kabupaten Rembang

Tidak hanya warga Kabupaten Rembang saja namun di daerah –daerah lainyya pasti mengalami karena salah satu kebutuhan penting akan kesehatan lingkungan adalah masalah air bersih, persampahan dan sanitasi, yaitu kebutuhan akan air bersih, pengelolaan sampah yang setiap hari diproduksi oleh masyarakat serta pembuangan air limbah yang langsung dialirkan pada saluran/sungai. Hal tersebut menyebabkan pandangkalan saluran/sungai, tersumbatnya saluran/sungai karena sampah.

Contohnya di Kabupaten Rembang banyak persawahan jadi sering terjadi penghamburan air akibat ketiadaannya penyaluran air yang baik pada lahan yang diairi dengan irigasi dapat berakibat terjadinya kubangan dan penggaraman yang akhirnya dapat menyebabkan hilangnya produktivitas air dan tanah

  1. B.   Dampak terjadinya permasalahan yang ada di Kabupaten Rembang

Di Pada saat musim penghujan di Kabupaten Rembang selalu terjadi banjir dan menimbulkan penyakit. Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh sanitasi yang kurang baik serta pembuangan sampah dan air limbah yang kurang baik diantaranya adalah diare, desentri, kolera, cacingan, malaria, tiphus, demam berdarah, dan hepatitis A.

Pembuangan kotoran dan sampah kedalam saluran yang menyebabkan penyumbatan dan timbulnya genangan akan mempercepat berkembangbiaknya mikroorganisme atau kuman-kuman penyebab penyakit, serangga dan mamalia penyebar penyakit seperti lalat dan tikus. Hidup bersih dan sehat dapat diartikan sebagai hidup di lingkungan yang memiliki standar kebersihan dan kesehatan serta menjalankan pola atau perilaku hidup bersih dan sehat.

BAB III

PENUTUP

  1. A.   Kesimpulan

Permasalahan sanitasi lingkungan tidak hanya terjadi di Kabupaten Rembang sendiri. Permasalahan yang terjadi adalah masalah pencemaran air bersih, limbah dan sampah. Dikarenakan masyarakat yang kurang peka dan sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan.

  1. B.   Saran

Lingkungan yang sehat dapat memberikan efek terhadap kualitas kesehatan. Kesehatan seseorang akan menjadi baik jika lingkungan yang ada di sekitarnya juga baik. Begitu juga sebaliknya, kesehatan seseorang akan menjadi buruk jika lingkungan yang ada di sekitarnya kurang baik. Dalam penerapan hidup bersih dan sehat dapat dimulai dengan mewujudkan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat memiliki ciri-ciri tempat tinggal dan lingkungan sekitar rumah yang sehat.

DAFTAR PUSTAKA

http://bayualfian.blogspot.com/2011/07/sanitasi-lingkungan.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Sanitasi

http://www.anneahira.com/sanitasi-lingkungan.htm

About these ads

Tentang ishlahseilla

always be positive....!
Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s