Siklus Refleksi


Siklus Refleksi

            Berdasarkan observasi yang saya lakukan di kelas tentang pembelajaran sejarah, saya menemui beberapa masalah yang dihadapi guru ketika mengajar yang dilakukan oleh masing-masing siswanya. Diantaranya adalah banyak siswa yang mengantuk, kurangnya minat membaca siswa, tidak memperhatikan gurunya ketika sedang proses pembelajaran, kurang aktif. Namun kebanyakan yang terjadi di kelas masalah yang timbul adalah kurangny minat membaca siswa karena hal itu sangat mempengaruhi perkembangan cara berfikir siswa untuk lebih luas wawasan.

Hal diatas tidak semata-mata siswa yang bersalah, karena hal minat membaca tidak boleh dipaksakan dan memang semua hal itu tidak boleh dipaksaan karena setiap hal yang dilakukan secara paksaan atau memaksa akan berujung tidak baik. Dan hal yang perlu dilakukan adalah dengan memecahkan masalah tersebut agar siswa itu dapat tertarik dengan minat membaca. Hal inilah yang harus diselesaikan sehingga minat membaca siswa itu sendiri dapat tumbuh. Rasa ingin tahu siswa akan materi sejarah harus ada. Karena dengan membaca siswa akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Namun hal itu tidak hanya siswa, guru pun sebagai pendidik juga harus mempunyai wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas, sehingga guru tidak monoton ketika proses pembelajaran. Guru sebaiknya mengenali murid-muridnya dan harus menyusun mmaterinya berdasarkan pendekatan psikologis daripada pendekatan logis semata. Masalah membaca siswa yang harus dibenahi karena apabila hal itu berkepanjangan akan membuat siswa mempunyai wawasan yang minim akan pelajaran sejarah sehingga dapat membuat siswa itu pasif.

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh guru yaitu dengan membuat sebuah media pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan menarik perhatian siswa dan hal itu dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat siswa dan dapat menunmbuhkan antusias siswa dalam pelajaran sejarah.

Tentang ishlahseilla

always be positive....!
Pos ini dipublikasikan di Sejarah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s