Filsuf Perancis Claude Adrien Helvetius


Filsuf Perancis Claude Adrien Helvetius (1715-1771) menganjurkan kesetaraan politik dan sosial bagi semua orang dan menyatakan bahwa pendidikan dan undang-undang adalah sarana untuk mencapai tujuan ini.

Claude Adrien Helvetius lahir pada 25 Januari 1715, di Paris dalam sebuah keluarga dokter mencatat. Diajarkan oleh tutor pribadi hingga 11, Claude dihadiri Perancis terkemuka sekolah, para Jesuit Louis-le-Grand. Untuk mempersiapkan Helvetius untuk jabatan menguntungkan dari pemungut pajak, ayahnya magang dia untuk pamannya, sudah dalam posisi tersebut. Pada Caen, Helvetius mempelajari lebih dari keuangan: ia menulis puisi, ia membaca John Locke, Baron de Montesquieu, Thomas Hobbes, Voltaire, dan Sir Isaac Newton, dan ia memanjakan dirinya dalam kesenangan kota.

Melalui pengaruh Ratu, ayahnya dibeli untuk Helvetius jabatan sebagai pemungut pajak. Posisi ini mengharuskan dia untuk perjalanan jauh di provinsi, dan ia menjadi sangat menyadari keadaan ekonomi pedesaan. Dari 1738-1751 rumahnya di Paris. Tampan, seorang penari yang baik, dengan hasrat besar untuk wanita, ia penuh semangat beredar di masyarakat Paris. Tapi dengan 1749 ia merindukan kehidupan istirahat sehingga untuk menulis. Pada 1751 ia menikah dan pensiun ke negara estate di Vore.

Pada 1755 Helvetius telah menghasilkan De l’esprit. Pada tanggal 15 Juli 1758, buku itu ditawarkan untuk dijual di Paris. Dengan kesulitan awal Agustus mulai untuk Helvetius dan berlangsung sampai kematiannya pada 1771. Dia diasingkan selama 2 tahun dari Paris, dan penjualan bukunya dilarang. Publik dibakar, ditempatkan pada Indeks, dikutuk oleh Jansenist dan Jesuit sama, pekerjaan itu diserang bahkan oleh filsuf lain. Beberapa dari mereka merasa sempit dan kosong, yang lain berpikir keberaniannya menakutkan.

Pada 1764 Helvetius mengunjungi Inggris dan tahun 1765, Prussia. Ia dikejutkan oleh perbedaan besar kekayaan ditemukan di antara “bebas” bahasa Inggris. Komersialisme Inggris, katanya, telah “membuat korupsi hukum.” Kecuali untuk wisata dan sesekali perjalanan ke Paris, Helvetius ‘sisa tahun dihabiskan di Vore dan untuk dia yang agak melankolis. Panen yang miskin, dan serangan gout dicegah partisipasinya dalam olahraga, yang, di samping wanita, dikatakan gairah nyata.

Pada 1769 Helvetius telah selesai De l’homme dan berbalik untuk ulang puisi awal Du bonheur. Pada 4 Desember 1771, ia dan keluarganya meninggalkan Vore untuk tinggal musim dingin di Paris. Pada tanggal 26 Desember, menyusul serangan gout parah, Helvetius meninggal dikelilingi oleh keluarganya.

Helvetius mengajarkan bahwa manusia bergantung bagi semua pengetahuan pada sensasi dan bahwa motifnya adalah mereka cinta pada diri sendiri. Untuk Helvetius orang yang benar-benar saleh adalah dia yang menemukan kesenangan – bukan hanya kewajibannya – dalam bekerja untuk kebaikan bersama. Sebagian besar agama, ia memegang, yang efektif dan menawarkan dasar munafik moralitas. Perbedaan perilaku batang pria dari perbedaan stasiun dan pendidikan dan bukan dari perbedaan yang melekat. Jadi, undang-undang yang berkaitan dengan struktur masyarakat dan pendidikan yang diberikan kepada semua oleh negara cocok sarana untuk mendapatkan peningkatan kebahagiaan manusia. Dalam ilmu ekonomi juga dilihat Helvetius ‘yang radikal, dan ia menelusuri ketidakbahagiaan manusia dan bangsa untuk distribusi kekayaan.

Bacaan lebih lanjut

Sebuah karya terbaru baik pada Helvetius adalah David Warner Smith, Helvetius: A Study in Penganiayaan (1965). Mordecai Grossman, The Philosophy of Helvetius, dengan Penekanan Khusus pada Implikasi Pendidikan Sensasionalisme (1926), adalah pengenalan masih berguna. Untuk Helvetius sebagai teori pendidikan melihat Ian Cumming, Helvetius: Hidup-Nya dan tempat dalam Sejarah Pemikiran Pendidikan (1955). Irving Louis Horowitz, Claude Hevétius: Filsuf Demokrasi dan Pencerahan (1954), adalah apresiasi terus terang pemikiran dan pengaruh politik dan ekonomi Helvetius ‘.

Tentang ishlahseilla

always be positive....!
Pos ini dipublikasikan di Filsafat dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s